APA ITU TEKNIK INFORMATIKA ?
Teknik
Informatika merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus
menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan memanfaatkan
se-optimal mungkin teknologi komputer melalui proses-proses logika. Pada teknik
informatika bidang ilmu yang lebih banyak dikaji adalah bidang pemrograman dan
komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi
dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer.
Apa
Yang Dipelajari di Teknik Informatika ?
Dasar
ilmu dalam Teknik Informatika adalah algoritma. Pada Teknik Informatika,
mahasiswa akan diarahkan untuk bisa menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa
informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis,
menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam
pengolahan dengan komputer. Secara garis besar materi dalam teknik informatika
dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang ilmu antara lain adalah :
1.
Sistem Informasi
Memberikan
pengetahuan dan pengertian dasar tentang konsep dan kerangka sistem informasi,
metodologi dan teknik perancangan, pengembangan, pengetesan dan pemeliharaan
sistem perangkat lunak
2.
Rekayasa Perangkat Lunak
Materi
yang dipelajari dalam bidang ini adalah Analisa dan Desain Obyek, Penyempurnaan
Proses Rekayasa, Inspeksi Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak,
Pemrograman Basis Data Client Server.
3.
Pemrograman dan Komputasi
Memberikan
pengetahuan dan kemampuan menganalisis permasalahan dalam ruang lingkup
Komputasi, Komputasi Paralel, Sistem Terdistribusi, Teknologi Antar Jaringan.
4.
Arsitektur dan Jaringan Komputer
Materi
yang dipelajari dalam bidang ini adalah Arsitektur Komputer, Organisasi
Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer
dll.
Prospek
Lulusan Teknik Informatika
Bidang
aplikasi komputer sangat luas, hampir tidak ada ruang kehidupan yang tidak
tersentuh oleh teknologi komputer. Luasnya bidang aplikasi tersebut,
terbatasnya jumlah system analyst, pesatnya perkembangan teknologi informasi,
dan tingginya kebutuhan pengembangan perangkat lunak memberikan prospek yang
sangat cerah bagi lulusan Teknik Informatika. Jenis pekerjaan yang tepat untuk
lulusan Teknik Informatika antara lain adalah: Programmer, Sistem Analis, Web
Designer, Software Engineer/Web engineer, Computer network/Data Communication
Engineer, Instansi Pemerintah dan Lembaga Penelitian, Lain-lain
(perusahaan-perusahaan jasa telekomunikasi, perbankan, konsultan atau dosen di
perguruan tinggi negeri maupun swasta, dll)
Software
Engineer
Berperan
dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat
lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk
perangkat lunak untuk model dan simulasi.
System
Analyst dan System Integrator
Berperan
dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan
dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.
Konsultan
IT
Berperan
dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.
Database
Engineer / Database Administrator
Berperan
dalam perancangan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk
suatu instansi atau perusahaan.
Web
Engineer / Web Administrator
Bertugas
merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan
di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan
mengembangkannya.
Computer
Network / Data Communication Engineer
Bertugas
merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan dan pen gelolaan
jaringan dalam suatu instansi atau perusahaan.
Programmer
Baik
sebagai system programmer atau application developer, sarjana informa tika
sangat dibutuhkan di berbagai bidang, misalnya bidang perbankan, teleko
munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.
Software
Tester
Terkait
dengan ukuran perangkat lunak, sarjana informatika dapat juga berperan khusus
sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenar-an fungsi
dari sebuah perangkat lunak.
Game
Developer
Dengan
berbagai bekal keinformatikaan yang diperolehnya termasuk computer graphic,
human computer interaction, dll, seorang sarjana informatika juga dapat
berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk multimedia game.
Intelligent
System Developer
Dengan
berbagai teknik artificial intelligence yang dipelajarinya, seorang sarjana
informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang
intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data
miner, dll.
Mantab-Mantab, tingkatkan pak ketua.
BalasHapussiap pa ketua..
HapusMantap pak
BalasHapusterima kasih randi
Hapus